Misteri di balik sifat orang sok tahu, sudah tahu?


Di setiap lingkungan, seringkali kita berhadapan dengan orang sok tahu. Ini adalah kelakuan aneh yang cukup membingungkan harus direspon bagaimana. Meski demikian, sains punya jawaban atas pertanyaan mengapa seseorang jadi sok tahu.

Seorang profesor bernama David Dunning telah meneliti hal tersebut, dan mengambil kesimpulan bahwa kebanyakan orang jadi sok tahu karena ingin berada pada posisi nyaman, atau ingin menegaskan kembali identitas mereka.

Meski demikian, awalnya sebagian besar orang tak sadar jika mereka sok tahu. Dari sisi biologis, hal ini dikarenakan ketika ada kesempatan untuk membicarakan suatu topik, otak kita mulai berasumsi, membuat penjelasan, dan berusaha mencari kesimpulan tentang berbagai hal. Dengan kata lain, otak kita memang sok tahu karena secara alami otak ingin tetap mencari topik agar pembicaraan tidak turun.

Namun dalam kasus orang sok tahu yang parah, Neurolog bernama Robert A. Burton menyebut bahwa sok tahu sebenarnya adalah buah dari kepribadian. Di masyarakat yang mengapresiasi tinggi pengetahuan setinggi langit, nampak tahu akan segala hal akan membuat orang kecanduan. Penelitian yang dimuat National Post bahkan menyebut bahwa meski sok tahu itu tidak genetik, namun jika Anda sok tahu, anak Anda pun akan sok tahu. [idc]


Sumber : merdeka.com

Comments
0 Comments

No comments